Cara Entry Buy Saham yang Tepat saat Candlestick Bullish

Cara entry buy saham yang tepat bisa kita ketahui melalui berbagai macam teknik dan salah satunya adalah dengan membaca candlestick. Sebelum terjun di pasar modal, baik untuk trading maupun investasi, Anda harus tahu dasar-dasar saham. Misalnya saja tentang bagaimana cara membaca candlestick pada grafik saham.

Dengan grafik candlestick, kita bisa mengetahui berbagai informasi mengenai harga saham, mulai dari harga paling tinggi, harga paling rendah, harga saat open dan close. Bahkan, Anda bisa melihat bagaimana trend saham tersebut pada periode waktu tertentu sehingga bisa dijadikan pertimbangan sebelum buy saham.

Membaca grafik candlestick menjadi salah satu teknik yang sering digunakan para trader untuk mengetahui momen buy and sell yang tepat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih menjanjikan. Jika Anda ingin belajar cara entry buy saham yang tepat, maka simaklah ulasan pada artikel berikut ini.

Membeli Saham dengan Teknik Hammer dan Inverted Hammer

Pola bullish reversal yang berarti bahwa saham mendekati dasar dalam tren turun ini sering disebut sebagai hammer. Seperti namanya, bentuk dari candlestick ini seperti palu di mana tubuh candle pendek dan ekornya lebih panjang. Bentuk ini berarti bahwa harga lebih rendah selama sesi perdagangan.

Meski demikian, tekanan beli yang cukup kuat membuat sesi perdagangan berakhir pada penutupan yang lebih tinggi. Bukan hanya bentuk palu, bentuk palu terbalik di mana kepalanya berada di bawah juga menjadi pertanda bahwa ada peluang pembalikan trend atau support dalam cara entry buy saham.

Meskipun kita bisa melihat bentuk candlestick secara nyata, tapi masih ada hal lain yang harus dipertimbangkan. Bentuk candlestick tersebut semakin valid jika data volume perdagangan cukup besar. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya momen paling tepat untuk buy saham favorit agar keuntungan makin tinggi.

Membeli Saham dengan Teknik Candlestick Bullish Engulfing

Jika Anda masih ingin mencari momen paling tepat untuk buy saham dengan harga rendah, Anda bisa menggunakan teknik bullish engulfing. Pola pembalikan ini terdiri dari dua candlestick dengan ukuran body yang berbeda. Candlestick kedua berukuran lebih besar hingga menelan real body dari candlestick pertama. Cara entry buy saham ini tidak begitu memperhatikan panjang bayangan ekor sehingga hanya diperhatikan besarnya body candlestick. Candlestick yang pertama merupakan candle gelap atau harga yang sedang mengalami penurunan, sedangkan candlestick yang kedua merupakan candle hollow atau positif sehingga terjadi kenaikan harga saham.

Candlestick ini berarti bahwa tekanan beli yang tinggi mendorong harga ke tingkat lebih tinggi, bahkan mencapai puncak kemenangan meskipun pada pembukaan harganya lebih rendah. Anda bisa langsung buy saham apabila pembalikan trend sudah terkonfirmasi sehingga Anda mendapatkan harga terbaik dalam buy saham.

Dua Pola Candlestick Piercing Line

Jika Anda melihat pola candlestick pada pola ketiga atau piercing line, maka Anda akan melihat kesamaan dengan pola yang kedua. Piercing line memiliki dua candlestick dalam pola bullish reversal untuk melihat terjadinya trend turun sehingga bisa menjadi momen paling tepat untuk buy saham.

Candlestick pertama berukuran lebih panjang dan bersifat negatif, kemudian pola tersebut diikuti dengan candlestick kedua yang berukuran lebih kecil dan bersifat putih. Candle kedua ini dibuka dengan harga lebih rendah dari penutupan sebelumnya, tapi tekanan beli lebih banyak dibandingkan hari sebelumnya.Pola ini biasanya menjadi pertanda akan ada tekanan beli cukup kuat untuk mendorong harga naik setengah atau bahkan lebih. Ukuran body candle yang ideal adalah sepertiga dari real body candlestick yang pertama. Dengan begitu, Anda akan menemukan cara entry buy saham di waktu yang tepat.

Tiga Pola Candlestick Morning Star

Dinamakan morning star karena menjadi harapan atau awal baru dalam tren turun yang sudah menyusahkan para trader dan investor. Pola ini memiliki tiga candlestick, yaitu candlestick pertama dan ketiga memiliki bentuk dan ukuran serupa, tapi sifatnya berbeda (negatif untuk candle pertama dan positif untuk kedua). Di antara candlestick pertama dan kedua ini, ada satu candlestick bertubuh lebih pendek dibanding dua candle yang mengapitnya. Candle bertubuh pendek ini disebut sebagai spinning top atau doji. Anda bisa mengaplikasikan cara entry buy saham saat melihat candle bertubuh pendek ini.

Sebenarnya, candlestick dengan tubuh paling kecil ini bisa berwarna putih atau hitam, tergantung kondisi pasar. Selain itu, candlestick bertubuh pendek tidak memiliki overlap antara tubuhnya dengan candlestick hitam sebelumnya. Pola ini berarti tekanan jual sudah mereda dan muncul tekanan pembeli baru pada pembalikan awal.

Memperhatikan Pola Three White Soldiers

Cara entry buy saham yang berikutnya adalah memperhatikan pola three white soldiers. Anda bisa mengamati pola ini setelah periode tren menurun atau saat terjadi konsolidasi harga. Pola ini memiliki tiga candle putih panjang dengan harga penutupan lebih tinggi pada setiap hari perdagangan setelahnya. Setiap candle berarti bahwa harga saat open market lebih tinggi dibanding open market sebelumnya. Selain itu, harga pada saat close market berada di dekat titik tertinggi pada hari tersebut. Pola seperti ini menjadi pertanda bahwa saham mengalami kemajuan yang stabil jika dilihat dari tekanan beli.

Ukuran body ketiga candlestick juga hampir serupa, hanya saja titik harganya yang berbeda. Anda justru harus lebih berhati-hati jika menemukan candlestick putih yang terlalu panjang karena bisa menjadi pertanda bahwa harga saham semakin turun nantinya. Oleh karena itu, perhatikan benar ukuran body ketiga candlestick.

Selain candlestick, masih banyak faktor yang harus dilihat saat buy atau sell saham di waktu yang tepat. Jika Anda lebih mudah memahami pasar modal dengan melihat candlestick, maka Anda harus mendalaminya agar tidak salah langkah saat ingin tahu cara entry buy saham.

Keyword: Cara entry buy saham
Deskripsi: Cara entry buy saham yang tepat harus kita pahami bersama agar tidak salah dalam membeli saham karena diharapkan kita bisa membeli saat harga murah.

Note :
Artikel diatas adalah hasil karya generasi muda kita yang kreatif. Untuk memberdayakan mereka salah satunya kami beli tulisan tersebut dan kami share di website ini semoga membawa manfaat yang banyak buat pembaca yang budiman. Tetaplah Berkarya Kawanku. By Team Lisati Indonesia

Leave a Comment