5 Tips Mengatur Portofolio Saham dengan Diversifikasi

Tips mengatur portofolio saham sangat diperlukan agar keuangan kita tetap aman, meskipun kondisi pasar sedang tidak bersahabat. Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi pasar beberapa detik atau bahkan menit ke depan, meski banyak teori teknikal maupun fundamental tapi tidak ada yang bisa menjamin sepenuhnya.

Membeli saham sekaligus atau menghabiskan semua dana untuk membeli saham tentu berisiko besar. Mungkin keuntungan yang bisa didapatkan semakin besar jika pasar sedang bersahabat, tapi bagaimana jika pasar modal sedang turun? Maka kerugian yang akan dialami juga lebih besar, bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan.

Di sinilah pentingnya manajemen keuangan saat bermain saham. Anda bisa melihat berapa modal yang digunakan, saham apa saja yang dibeli, hingga untung dan rugi dari bagian portofolio. Diperlukan tips mengatur portofolio saham yang baik agar dana yang dimiliki aman dan memiliki strategi di setiap kondisi.

Salah satu cara yang bisa digunakan dalam mengatur portofolio dengan baik adalah menggunakan diversifikasi. Diversifikasi ini memadukan berbagai investasi dalam satu portofolio yang diharapkan dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dan mengurangi risiko investasi yang lebih rendah, namun tetap diperlukan komitmen dan konsistensi dalam melakukan tips ini.

#-Sebarkan Kekayaan dengan Proporsional pada Sektor yang Maju

Menaruh semua uang pada satu saham atau satu sektor sangatlah berisiko, apalagi bagi para pemula. Disarankan bagi Anda untuk menyebarkan uang ke beberapa perusahaan, idealnya 3 sampai 5 perusahaan, tapi tergantung dengan strategi dan analisa Anda karena setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam bermain saham.

Tips mengatur portofolio saham ini mengharuskan Anda mengenal beberapa perusahaan yang memiliki analisa fundamental bagus karena pasti harganya akan terus meningkat, meski ada fluktuasi di dalamnya. Lebih mudah lagi jika Anda mempertimbangkan beberapa perusahaan di mana produknya Anda gunakan sehari-hari, seperti produk makanan dan lainnya.

Sektor perusahaan juga harus Anda pertimbangkan karena setiap waktu pasti merupakan momen untuk salah satu sektor. Paling tidak Anda harus membagi uang yang dimiliki pada sektor-sektor yang sedang maju, seperti sektor pembangunan, sektor consumer, sektor pertambangan, sektor lembaga keuangan dan lain sebagainya.

#-Pertimbangkan Dana Indeks dan Obligasi

Menambahkan dana indeks atau dana fixed-income dapat membuat portofolio investasi jangka panjang menjadi luar biasa. Setiap orang mungkin memiliki strateginya masing-masing dalam berinvestasi saham, tapi Anda bisa melakukan cara ini untuk melindungi portofolio dari volatilitas atau saat kondisi pasar tidak menentu.

Seperti yang diketahui bahwa pasar saham tidak selalu stabil sehingga kita tidak tahu perkembangan untuk kedepannya nanti. Tips mengatur portofolio saham tidak semudah yang dibayangkan, karena kita harus melihat berbagai sisi dari perusahaan tersebut, seperti kinerja indeks secara luas.
Dibanding investasi pada satu sektor saja, lebih baik memiliki sektor yang mencerminkan nilai pasar obligasi agar portofolio lebih aman. Cara ini dapat meminimalkan risiko hilangnya uang akibat kerugian saat pasar tidak berjalan sesuai harapan. Selain itu, biaya pengelolaan dan pengoperasional menjadi lebih rendah.

#-Bangun Portofolio secara Disiplin dan Efektif

Tips mengatur portofolio saham mungkin hanya mengajarkan kita bagaimana membagi keuangan saham dengan efektif dan efisien. Tapi, semua itu tidak bisa diraih jika kita tidak disiplin dalam menjalankan strategi portofolio investasi saham. Tanpa kedisiplinan tersebut, sebagus apapun strategi yang dimiliki tidak akan memberikan keuntungan.

Teknik yang biasa digunakan dalam berinvestasi secara teratur dan disiplin adalah teknik averaging. Teknik ini berguna untuk memuluskan lembah dan puncak yang tercipta saat pasar mengalami volatilitas. Artinya, teknik ini dapat mengurangi risiko investasi selama periode tertentu sehingga kerugian tidak membesar jika pasar tidak bersahabat.

Teknik ini mengharuskan Anda berinvestasi secara teratur ke dalam portofolio. Ketika harga saham sedang turun atau berada di harga rendah, maka Anda bisa membelinya dengan sedikit uang dan melakukan hal yang sama saat harga sedang rendah. Kemudian, Anda bisa menjualnya sedikit saat harga tinggi.

#-Ketahui Strategi Kapan Harus Keluar

Meskipun Buy and Hold dan Averaging merupakan strategi investasi saham yang cukup bai, tapi Anda harus tahu apa yang harus dilakukan saat memiliki investasi yang autopilot. Mengabaikannya bisa membuat kita merugi, bahkan lebih besar lagi jika tidak tahu kapan harus keluar dari pasar modal.

Tips mengatur portofolio saham dalam kondisi seperti ini adalah dengan mengikuti perkembangan dan berita kondisi pasar secara keseluruhan. Sekarang ini, mudah bagi kita untuk mencari informasi atau kabar terbaru tentang perusahaan tempat Anda berinvestasi. Jadi, jangan sampai Anda ketinggalan berita tersebut karena penting dalam menentukan langkah.

Cara ini diperlukan agar kerugian yang dialami tidak semakin banyak karena terkadang trend suatu saham hanya bertahan pada jangka waktu tertentu. Saat saham yang Anda miliki sedang downtrend atau mengalami kerugian, maka Anda bisa beralih ke saham yang sedang uptrend untuk mengamankan portofolio.

#-Perhatikan Biaya-biaya yang Harus Dibayarkan

Baik tipe trading maupun investasi, Anda tetap harus memperhatikan biaya-biaya yang harus dibayarkan pada sekuritas. Sekuritas memberikan layanan untuk Anda melakukan trading hingga investasi saham sehingga mereka akan mematok tarif untuk beberapa layanan yang Anda nikmati. Biaya ini pada dasarnya mengurangi keuntungan yang didapat.

Sebelum memilih sekuritas, ada baiknya Anda memperhatikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya saat buy dan sell. Sebenarnya, persentase biaya ini tidak seberapa sehingga Anda tidak perlu khawatir, namun tetap saja harus diperhatikan agar keuntungan yang didapat masih menjanjikan.

Mengatur portofolio saham menjadi salah satu cara untuk mengamankan uang saat pasar tidak bersahabat. Terjun di dunia pasar saham tidak semudah yang dibayangkan jadi bukan hanya keuntungan yang bisa didapatkan, tapi juga kerugian. Oleh karena itu, Anda harus melakukan tips mengatur portofolio saham dengan disiplin.

Keyword: Tips mengatur portofolio saham
Deskripsi: Tips mengatur portofolio saham dengan diversifikasi sangat penting untuk dipahami karena kita harus bisa mengatur keuangan saat bermain saham.

Note :
Artikel diatas adalah hasil karya generasi muda kita yang kreatif. Untuk memberdayakan mereka salah satunya kami beli tulisan tersebut dan kami share di website ini semoga membawa manfaat yang banyak buat pembaca yang budiman. Tetaplah Berkarya Kawanku. By Team Lisati Indonesia

Leave a Comment