5 Tips Memilih Broker Saham untuk Day Trading

Tips memilih broker saham yang akan kita bahas kali ini bisa menjadi pertimbangan agar nantinya tidak salah dalam memilih. Di pasar modal, kita membutuhkan broker saham sebagai perantara untuk melakukan semua aktivitas trading saham yang ingin dilakukan, seperti membeli dan menjual saham. Sekarang ini, banyak broker yang bisa kita jumpai di sekitar kita, mulai dari broker bank hingga broker dari perusahaan keuangan lainnya. Setiap broker tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda tidak boleh lengah dalam memilih broker terbaik untuk berinvestasi saham maupun trading.

Beberapa orang mungkin lebih memilih trading jangka panjang atau investasi, tapi ada juga orang yang lebih suka dengan fast trading atau day trading. Semua itu tergantung dari strategi masing-masing orang dalam menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, Anda harus tahu tips memilih broker saham yang tepat.

#-Biaya Administrasi yang Dikenakan Broker

Dalam memberikan layanan dan fasilitas, tidak mungkin broker memberikannya secara cuma-cuma tanpa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Untuk itu, biasanya nasabah akan dikenakan biaya administrasi selama menikmati layanan dan fasilitas yang diberikan untuk kegiatan investasi maupun trading dengan besaran yang berbeda-beda.

Tips memilih broker saham terbaik adalah dengan mencari memastikan terlebih dahulu biaya administrasi yang dikenakan. Setiap broker memiliki kebijakan tersendiri dalam menetapkan biaya administrasi, seperti mengenakan biaya pembukaan rekening, biaya buy, biaya sell, hingga biaya lain terkait fasilitas dan layanan yang diberikan oleh broker.

Bagi Anda yang ingin melakukan trading harian, maka wajib memperhatikan berapa persentase biaya buy and sell. Semakin besar persentasenya maka semakin besar juga biaya yang harus Anda bayarkan sehingga keuntungan akan berkurang. Untuk day trading, lebih baik memilih broker dengan biaya administrasi paling murah.

#-Kepatuhan Regulasi Broker dalam Dunia Pasar

Banyaknya broker yang bisa dijumpai membuat kita harus lebih berhati-hati, jangan sampai kita salah memilih broker abal-abal karena penawaran yang menggiurkan. Pastikan bahwa broker yang Anda pilih patuh terhadap regulasi dalam dunia pasar saham sehingga kegiatan trading yang dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada.

Broker yang tidak mematuhi regulasi, besar kemungkinan bisa mengalami masalah yang merugikan kita sebagai nasabah. Itulah mengapa, memastikan kepatuhan regulasi broker sangat penting dalam tips memilih broker saham. Dengan begitu, uang kita yang ada di rekening broker tersebut dapat terjamin keamanannya, khususnya jika terjadi masalah.

Bagi para trader yang melakukan trading harian, tentu harus mengerti betul bagaimana pentingnya kepatuhan regulasi dalam memilih broker. Anda dapat mencari informasi mengenai broker,apakah sudah terdaftar secara resmi dan sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jika sudah, pastikan broker tersebut tidak pernah mengalami masalah regulasi.

#-Memberikan Dukungan Lengkap Kepada Trader

Setiap trader pasti memiliki strategi perdagangan harian yang berbeda-beda sehingga layanan yang didapatkan juga harus sesuai agar mendukung strategi tersebut. Tidak semua broker mampu memberikan dukung yang lengkap dan sesuai kebutuhan Anda, itulah mengapa kita harus mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan pilihan broker terbaik.

Tips memilih broker saham harus memperhatikan dukungan apa saja bisa diberikan kepada nasabahnya. Bagi pemula, tentu membutuhkan dukungan atau bantuan yang lebih lengkap jadi pastikan broker yang Anda pilih memiliki waktu respons cepat agar bisa dihubungi kapan saja, bahkan sampai 24 jam. Anda bisa melihat apa saja dukungan yang bisa didapatkan semenjak awal pemilihan broker. Jangan langsung mendaftarkan diri atau membuka rekening, ada baiknya Anda bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai broker tersebut sehingga sedikit banyaknya kita bisa tahu bagaimana dukungan yang nantinya bisa kita dapatkan dari broker tersebut.

#-Memperhatikan Kecepatan Eksekusi saat Trading

Sekarang ini, semakin banyak trader pemula yang terjun di dunia perdagangan atau pasar saham. Apabila semua nasabah membuka aplikasi atau website secara bersamaan, maka dapat mengganggu kecepatan eksekusi, padahal kecepatan merupakan bagian penting saat ingin melakukan day trading agar tidak ketinggalan momen emas.

Tips memilih broker saham yang wajib Anda perhatikan saat ingin melakukan day trading adalah memperhatikan kecepatan eksekusi yang dimiliki broker. Semakin tinggi jumlah perdagangan yang dilakukan sehari, maka bisa mengganggu kecepatannya di mana perintah buy and sell juga dapat terganggu, seperti tertunda.

Perubahan harga saham terjadi dalam waktu yang singkat, baik naik maupun turun. Hal inilah yang membuat kita harus bergerak cepat agar bisa mendapatkan momen emas, misalnya mendapatkan harga paling rendah saat buy dan harga paling tinggi saat sell sehingga keuntungan akan berkali lipat.

#-Memperhatikan Fasilitas yang Dimiliki oleh Platform Trading

Dalam menjalankan trading maupun investasi, kita akan dibekali dengan platform oleh broker pilihan. Melalui platform itulah kita bisa menjalankan berbagai aktivitas day trading, baik buy maupun sell. Bukan hanya itu saja, kita juga membutuhkan fasilitas lain untuk menunjang keputusan kita dalam buy and sell. Tips memilih broker saham yang tepat adalah dengan memperhatikan fasilitas yang dimiliki oleh platform trading tersebut. Fitur utama dari platform trading adalah buy and sell, namun Anda juga membutuhkan fitur lainnya, seperti chart, kolom berita dan lain sebagainya. Setiap platform tentu memiliki fitur yang berbeda-beda.

Pastikan platform dari broker tersebut memiliki fitur pendukung yang tidak kalah lengkap dari fitur utamanya sehingga langkah buy atau sell yang diambil sudah sesuai dengan pertimbangan yang ada. Dengan begitu, kita tidak lagi membutuhkan platform investasi lain untuk melengkapi fitur platform yang belum tersedia. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan trading harian, harus lebih selektif dalam memilih broker karena bisa memengaruhi aktivitas Anda saat melakukan trading. Beberapa hal di atas bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih broker sehingga tips memilih broker saham akan mengantarkan Anda pada broker terbaik.

Keyword: Tips memilih broker saham
Deskripsi: Tips memilih broker saham yang akan kita bahas kali ini harus menjadi pertimbangan sebelum memilih, apalagi jika Anda ingin melakukan day trading.

Note :
Artikel diatas adalah hasil karya generasi muda kita yang kreatif. Untuk memberdayakan mereka salah satunya kami beli tulisan tersebut dan kami share di website ini semoga membawa manfaat yang banyak buat pembaca yang budiman. Tetaplah Berkarya Kawanku. By Team Lisati Indonesia

Leave a Comment